Cara Membersihkan Karpet Lantai Permadani Sendiri di Rumah

karpet lantai permadani

Tahukah Anda bagimana sih cara membersihkan karpet lantai permadani sendiri di rumah dengan mudah dan murah?

Karpet lantai permadani biasanya dijadikan alas dan menambah nilai keindahan suatu ruangan di rumah. Tidak jarang penghuni rumah menghabiskan waktu istirahat dengan tiduran di atas karpet sambil menonton televisi di ruang keluarga.

karpet lantai permadani

Cara Merawat Karpet Lantai Permadani

Kebersihan karpet tentu harus selalu dijaga agar terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh debu dan kotoran. Anggota rumah bisa menghemat biaya kebersihan karpet dengan melakukannya sendiri dengan mudah, berikut caranya.

Bersihkan Debu dengan Vacum Cleaner

Cara paling mudah membersihkan karpet lantai permadani adalah dengan menggunakan alat vacum cleaner. Dengan alat ini, debu dan kotoran-kotoran seperti potongan kertas, plastik, serta bulu binatang yang menempel pada karpet akan tersedot.

Sebaiknya bersihkan karpet permadani dengan menggunakan vacum cleaner secara rutin seminggu sekali agar kuman tidak berkembangbiak.

Membersihkan karpet dengan alat tetap butuh deterjen agar hasil lebih bersih dan wangi. Ada banyak pilihan deterjen yang dijual secara konvensional dengan berbagai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya tanyakan secara detail tentang deterjen karpet yang akan digunakan dan sesuaikan dengan jenis material karpet yang terdapat di rumah.

Cuci Karpet Permadani Dengan Sabun secara Manual

Bagi yang tidak memiliki alat vacum cleaner, aktivitas membersihkan karpet permadani tetap bisa dilakukan dengan menyenangkan. Karpet diletakkan di lantai tanpa ada yang terlipat agar seluruh bagian karpet dapat dibershihkan. Bersihkan karpet dengan menggunakan sapu lidi supaya debu dan kotoran hilang.

cara merawat karpet lantai permadani

Karpet disemprot dengan air dan sikat karpet secara manual bertekanan kecil dan perlahan dengan gerakan satu arah. Tidak lupa untuk menambahkan sabun supaya karpet semakin bersih dan menghilangkan bau. Karpet dibilas dengan menyemprotkan air bersih yang kemudian dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.

Bahan Alami untuk Membersihkan Karpet

Kegiatan membersihkan karpet permadani dapat dilakukan dengan bahan-bahan alami di rumah. Garam yang ditamahkan air bisa membersihkan karpet yang terkena noda. Bahan lainnya yaitu baking soda yang sudah terkenal akan keampuhan dalam membersihkan barang. Campuran baking soda dengan air ditambahkan saat proses menyikat karpet yang terdapat kotoran.

Bahan lain yan tidak kalah ampuh dalam membersihkan noda atau kotoran yaitu cuka putih. Cukup teteskan cuka putih atau campuran cuka dengan air hangat pada kotoran yang menempel pada karpet. Biarkan sebentar kemudian sikat dengan perlahan. Jangan lupa untuk membilas karpet yang sudah disikat dengan bahan-bahan alami tersebut menggunakan sabun cuci.

Mudah bukan membersihkan karpet lantai permadani di rumah? Sebaiknya selalu menjaga kebersihan karpet secara rutin agar terindar dari berbagai penyakit. Dengan karpet yang bersih, aktivitas semakin nyaman dan rumah menjadi semakin sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Navigation